Main Article Content

Mauidiyah Salim
Hadjpi Rona Dinihari
Laila Kamilah
Vitria Wuri Handayani

Abstract

Latar belakang: Penyakit kolesterol umum terjadi di negara Indonesia diakibatkan pola makan dan gaya hidup. Tenaga Kesehatan yang seharusnya mengetahui bagaimana pola hidup yang sehat seharusnya dapat menghindari penyakit tersebut. Penyakit kolesterol dapat mengakibatkan banyak gangguan Kesehatan salah satunya adalah penyakit jantung koroner. Buah anga sebagai buah yang sudah banyak tersedia di pasar diharapkanmenjadi salah satu alternatif untuk menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida bila dikonsumsi secara langsung.  


Tujuan: penelitian ini untuk mengetahui kadar kolesterol total dan trigliserida sebelum dan setelah mengkonsumsi buah naga merah.


Metode:Penelitian menggunakan one group pretest – posttest design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 11 orang staf Puskesmas yang memiliki kadar kolesterol total di atas 200 mg/dl dan trigliserida di atas 150 mg/dl. Pemberian buah naga pada responden sebesar 2,86 gr/kg BB dan dilakukan selama 21 hari. Kadar kolesterol total darah dan trigliserida dianalisis menggunakan alat photometer 5010 dengan metode CHOD-PAP dan GPO-PAP.


Hasil penelitian: Penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kadar kolesterol total sebelum mengkonsumsi buah naga merah adalah 247,27 mg/dl dan setelah mengkonsumsi buah naga merah selama 21 hari 218,64 mg/dl. Sedangkan nilai rata-rata kadar trigliserida sebelum mengkonsumsi buah naga merah adalah 292,18 mg/dl setelah mengkonsumsi buah naga merah selama 21 hari 236,91 mg/dl. Hasil Uji Statistik T Paired didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,013 < 0,05 yang artinya Ha diterima yaitu terdapat perbedaan kadar kolesterol total sebelum dan setelah mengkonsumsi buah naga merah. Hasil Uji Stastistik Wilcoxon didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,013 < 0,05 yang artinya Ha diterima yaitu terdapat perbedaan kadar trigliserida sebelum dan setelah mengkonsumsi buah naga merah.


Kesimpulan: Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsumsi buah naga secara langsung dapat menurunkan kadar kolesterol total dan menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Article Details

How to Cite
Salim , M., Rona Dinihari, H., Kamilah , L., & Handayani, V. W. (2022). PENGARUH BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL DAN TRIGLISERIDA. Jakiyah: Jurnal Ilmiah Umum Dan Kesehatan Aisyiyah, 7(1), 72-80. https://doi.org/10.35721/jakiyah.v7i1.121
References
2. Budiatmaja, A. C. (2014). Pengaruh Pemberian Jus Buah Naga Merah (Hylrocereus polyrhizus) Terhadap Kadar Kolesterol Total Pria Hiperkolesterolemia, Skripsi. Semarang: Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro.
3. Dinkes, K. d. (2018). Data Kasus Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang. Singkawang: Dinas Kesehatan dan KB.
4. Heryani, R. (2016). Pengaruh Ekstrak Buah Naga Merah Terhadap Profil Lipid Darah Tikus Putih Hiperlipidemia. Jurnal IPTEK Terapan STIKES Pekanbaru Medical Center.
5. Ide, P. (2009). Health Secret Of Dragon Fruit. Jakarta: Gramedia.
6. Kemenkes, R. (2014). Situasi Kesehatan Jantung. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
7. Kemenkes, R. (2018). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
8. Kingham, K. (2009). Makan Oke Hidup Oke Dengan Kolesterol Tinggi. Jakarta: Erlangga.
9. Puspaningtyas, D. (2013). The Miracle Of Fruits. Jakarta: Agromedia Pustaka.
10. Satmoko, R. (2016). Hidup Sehat Dengan Terapi Jus. Jakarta: Pedar Kindy.
11. Tsalissavrina I, Djoko W, Dian H. 2006, Pengaruh Pemberian Diet Tinggi Karbohidrat Dibandingkan Diet Tinggi Lemak Terhadap Kadar Trigliserida dan HDL Darah Pada Ratus Novergius Galur Wistar, Jurnal Kedokteran Brawijaya
12. Wasito, H. (2011). Obat Tradisional Kekayaan Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.



.