Metode Pembelajaran Think Pairs Share Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Asuhan Persalinan

  • Raudhatul Munawarah

Abstract

Latar Belakang:  Asuhan persalinan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa AKBID Sari Mulia Banjarmasin, 29%  mahasiswa tingkat II belum tuntas dalam mencapai batas nilai minimum belajar. Pemahaman mata kuliah asuhan persalinan masih belum dikuasai secara maksimal,salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang efektif. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode pebelajaran think pairs share untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran.  

Tujuan: Menganalisis pengaruh metode pembelajaran kooperatif Think Pairs Share terhadap kemampuan kognitif tentang asuhan persalinan pada mahasiswa tingkat II Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.

Metode: Jenis penelitian Pra-Eksperimen dengan desain One group pretest-posttest. Pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling. Analisis Bivariat menggunakan Paired t-test (p=0,05)

Hasil penelitian: Hasil analisis Paired t-test menunjukkan p=0,00, yang memiliki makna p<0,05 bahwa ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif Think Pairs Share terhadap kemampuan kognitif tentang asuhan persalinan pada mahasiswa tingkat II Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin. Sebanyak 100% mahasiswa memiliki kemampuan kognitif baik tentang asuhan persalinan setelah menggunakan metode think pairs share.

Simpulan: Metode pembelajaran kooperatif Think Pairs Share berpengaruh terhadap kemampuan kognitif tentang asuhan persalinan pada mahasiswa tingkat II Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.

 

Kata kunci: Metode, Think Pairs Share, Kognitif, Persalinan

Published
2020-06-28