Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Balita Usia 3 – 5 Tahun di TPA, KB, TK Aisyiyah Fullday Pandes

  • Ilma Ratih Zukrufiana

Abstract

Latar belakang : Usia balita merupakan usia dimana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Berdasarkan data dari WHO pada tahun 2014 terdapat 14% balita di dunia mengalami gangguan perkembangan. Penyimpangan masalah perkembangan pada anak dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya tingkat kesehatan dan status gizi anak. Status gizi yang buruk pada balita dapat menimbulkan pengaruh yang sangat menghambat fisik, mental maupun kemampuan berfikir.

Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dengan perkembangan balita usia 3 – 5 tahun di TPA, KB, TK Aisyiyah Fullday Pandes.

Metode Penelitian : Metode yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 159 anak. Data status gizi dipeloreh dengan penimbangan berat badan, data perkembangan diperoleh dari penilaian menggunkan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Teknik analisis yang digunakan adalah Spearman Rank dengan aplikasi olah data.

Hasil Penelitian  : Distribusi status gizi balita dalam kategori gizi baik sebesar 134 responden (84.3%). Sedangkan distribusi perkembangan balita dalam kategori sesuai sebanyak 140 responden (88.1%). Hasil analisi hubungan status gizi dengan perkembangan balita menggunakan spearman diperoleh hasil p = 0,003 (p < 0,005) dengan r 0,232.

Kesimpulan : Terdapat hubungan antara status gizi dengan perkembangan balita usia 3- 5 tahun.

 

Kata kunci: status gizi, perkembangan, balita

Published
2020-06-28