Main Article Content

Khoirul Rista Abidin
Puji Astuti
Zahro Mufidah
Fadli Sukandiarsyah
Puspa Amalia

Abstract

Latar Belakang Pembelajaran daring merupakan proses pelaksanaan belajar dan mengajar yang dilakukan tanpa tatap muka secara langsung atau menggunakan aplikasi melalui jalur internet. Moodle menjadi salah satu aplikasi pembelajaran yang bisa dimanfaatkan. Tujuan studi ini adalah untuk menganalisis efek edukasi secara daring terhadap pengajar yaitu guru dan dosen tentang pemanfaatan Moodle sebagai media pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Metode : kegiatan edukasi Moodle dilakukan secara daring selama 2 hari dengan mengundang seluruh tenaga pengajar baik dosen maupun guru dari Sabang sampai Merauke. Pada akhir kegiatan, peserta dievaluasi dengan meminta mengisi soal kuis untuk mengetahui tingkat pemahaman tentang Moodle. Hasil Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan Moodle sebanyak 763 orang, terdiri atas Guru dan Dosen dengan latar belakang pendidikan S1,S2  dan S3. Hasil evaluasi sebanyak 85% subjek memperoleh nilai > 50. Kesimpulan Moodle dapat menjadi rekomendasi aplikasi untuk menunjang pembelajaran jarak jauh yang inovatif.

Article Details