Author Guidelines

Persiapan Naskah dan Gaya Selingkung

            Penulis yang akan menyerahkan naskah ke redaksi Jurnal Ilmiah Umum dan Kesehatan Aisyiyah (JAKIYAH) harus memperhatikan persyaratan umum di bawah ini:

  1. Naskah yang ditulis berdasarkan hasil Penelitian.
  2. Naskah merupakan artikel asli (belum pernah dipublikasikan di tempat lain) dan tidak sedang disubmit ke penerbit jurnal lainnya.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau
  4. Naskah disertai abstrak dalam bahasa Indonesia dan
  5. Naskah disertai kata kunci/keywords dalam bahasa Indonesia dan
  6. Pengiriman naskah disertai biodata penulis, seperti nama lengkap, bidang kepakaran, alamat instansi (afiliasi), dan alamat surat elektronik (email).
  7. Naskah disubmit secara online melalui https://journal.polita.ac.id/index.php/jakiyah
  8. Naskah yang masuk akan diseleksi oleh dewan redaksi khususnya terkait kesesuaian dengan template dan ruang Naskah yang sesuai dengan template dan ruang lingkup, akan mempercepat proses selanjutnya (proses peer review oleh tim Reviewer/Mitra Bestari). Ketidaksesuai akan memperlambat proses review dan penerbitan artikel.
  9. Naskah artikel akan ditelaah oleh 1 (satu) orang reviewer yang akan memberikan rekomendasi apakah naskah tersebut layak atau tidak layak untuk diterbitkan.

 

  1. Format dan Sistematika
    1. Naskah dikirim ke redaksi jurnal dalam bentuk softcopy (MS.Word), dengan format sebagai berikut.
      1. Ukuran kertas A4 (210 x 297 mm) dengan batas (margin) atas 2,5 cm, kiri 2,5 cm, bawah 2,5 cm, dan kanan 2,5 cm.
      2. Jumlah halaman minimal adalah 6 halaman sampai 12 halaman, kelebihan jumlah halaman (lebih dari 12 halaman) akan dikenakan biaya tambahan Rp.25.000/halaman.
      3. Penulisan naskah disusun dengan jarak 1 spasi, format satu kolom, abstrak/abstract, daftar pustaka, judul tabel/isi tabel, judul gambar/diagram/grafik/bagan/sketsa disusun 1 spasi;
      4. Pada penulisan judul naskah, bab (section) dan sub-bab (sub-section), setiap huruf pertama pada kata menggunakan huruf kapital, dan selanjutnya huruf normal, dimana semua huruf ditebalkan, namun untuk kata sambung (dan, secara, atau, dengan, serta, tentang, yang, dengan, terhadap, sehingga, karena, maka) dan kata depan (di, ke, dari, pada, kepada, dalam, oleh, sampai, untuk, demi) ditulis dengan huruf kecil dan tebal (bold).
    2. Naskah ditulis dengan sistematika penulisan sebagai
      1. Judul (Times New Roman 14). Judul harus spesifik, jelas, ringkas, informatif, menggambarkan substansi atau isi dari tulisan, dan dapat menggugah rasa untuk Judul tidak perlu diawali dengan kata penelitian/analisis/ studi/workshop/pelatihan, kecuali kata tersebut merupakan pokok bahasan.
      2. Nama Penulis (Times New Roman 11). Penulis harus menggunakan nama asli (bukan nama samaran) dan tidak mencantumkan gelar Nama lengkap yang diikuti dengan gelar serta keterangan penulis dapat ditampilkan dalam footnote. Penulis pertama sebagai korespondensi dan harus diberi tanda asterik (*). Jika penulis lebih dari satu, harus dipisahkan dengan tanda koma (,).
      3. Afiliasi Penulis (Times New Roman 9). Afiliasi merupakan alamat instansi/lembaga tempat penulis bekerja/berkarya/studi. Afiliasi ini berkaitan erat dengan kompetensi, tanggung jawab, dan konsekuensi yuridis yang diemban oleh lembaga asal penulis.
      4. Korespondensi (Times New Roman 9). Korespondensi berisi alamat surat elektronik (email) penulis pertama.
      5. Abstract dan Abstrak (Times New Roman 11). Isi abstract dan abstrak (Times New Roman 10). Tempatkan abstrak bahasa Indonesia terlebih dahulu untuk naskah yang ditulis dalam bahasa Indonesia, kemudian diikuti dengan abstrak berbahasa Inggris dan Abstrak terdiri atas pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Bagian ini ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam naskah. Isi abstrak paling banyak memuat 250 kata untuk versi bahasa Inggris.
      6. Keywords dan Kata Kata kunci dan keywords (Times New Roman 10) dan isi kata kunci dan keywords (Time New Roman 10). Keywords harus dalam bahasa Inggris dan kata kunci dalam bahasa indonesia yang sesuai dengan kaidah/ standar thesaurus. Jumlah keywords/Kata Kunci terdiri dari 3-5 kata.
      7. Pendahuluan (Times New Roman, 11, Bold, Capital). Isi pendahuluan ditulis Times New Roman, 11, spasi 1,5. Pendahuluan memuat latar belakang mengapa penelitian dilakukan yang dilengkapi dengan data yang relevan (misalkan prevalensi, data pendahuluan sebelumnya dll). Tunjukkan urgensi mengapa penelitian harus dilakukan. Referensi yang digunakan diharapkan berasal dari Jurnal Penelitian dengan tahun terbit maksimal 10 tahun sejak tulisan dipublikasikan (untuk artikel 2019, maka sumber pustaka maksimal tahun 2009). Pustaka yang digunakan pada artikel minimal memuat 10 jenis pustaka resmi. Pada bagian latar belakang juga dituliskan tujuan penelitian (implisit atau eksplisit) serta hipotesis penelitian.
      8. Metode (Times New Roman, 11, Bold, Capital). Isi metode ditulis dengan Times New Roman, 11, spasi 1,5. Pada bagian metode berisi metode penelitian yang digunakan, desain penelitian, variable penelitian, lokasi penelitian, populasi dan subjek/responden/informan penelitian, serta analisis data/uji lab yang digunakan. Jelaskan proses penelitian secara jelas dan rinci, sehingga memungkinkan peneliti lain untuk mengulangi penelitian/percobaan yang terkait.
      9. Hasil (Times New Roman, 11, Bold, Capital). Isi hasil ditulis dengan Times New Roman, 11, spasi 1,5. Hasil penelitian memuat temuan yang dihasilkan pada penelitian, bukan merupakan data mentah, melainkan data yang sudah diolah/dianalisis dengan metode yang ditetapkan. Hasil dapat ditampilkan dalam bentuk tabel, gambar maupun diagram. Beri penjelasan berupa paragraf mengenai intepretasi data hasil penelitian yang ditampilkan dalam artikel.
      10. Pembahasan (Times New Roman, 11, Bold, Capital). Isi pembahasan ditulis dengan Times New Roman, 11, spasi 1,5. Pembahasan dapat disatukan atau dipisah dalam sub-bab tersendiri. Pada bagian ini, penulis menceritakan kembali mengenai latar belakang penelitian hingga melahirkan ide penelitian yang dibuat pada artikel ini. Penulis membahas hasil penelitian yang diperoleh dengan memberikan tambahan teori dari pakar atau penelitian serupa terdahulu maupun opini yang berdasarakan pada penelitian lain. Pada pembahasan, peneliti dapat memberikan opini yang didukung oleh data atau hasil penelitian sebelumnya yang maksimal dilakukan 10 tahun sejak artikel ini diterbitkan. Pada bagian ini, penulis juga dapat pula menuliskan Hambatan apa saja yang dialami selama meneliti.
      11. Simpulan (Times New Roman, 11, Bold, Capital). Isi simpulan ditulis dengan Times New Roman, 11, spasi 1,5. Kesimpulan merupakan ikhtisar dari hasil pembahasan penelitian yang telah dilakukan, ditulis secara ringkas dan jelas yang dapat menjawab judul dan juga tujuan penelitian. Bagian ini berisi maksimal 3 paragraf yang menekankan poin penting dari hasil penelitiannya. Pada bagian ini penulis dapat pula menuliskan saran mengenai penelitian lanjutan yang dapat dilakukan.
      12. Daftar Pustaka (Times New Roman, 11, Bold, Capital). Isi daftar pustaka ditulis dengan Times New Roman, 11, spasi 1,5. Daftar pustaka merupakan sumber acuan/rujukan yang dijadikan bahan kutipan penulisan Penulisan daftar pustaka wajib menggunakan Mendeley/Zotero/Endnote dengan style Vancouver. Jumlah sumber rujukan yang dijadikan daftar pustaka naskah minimal 10 judul literatur ilmiah minimum 80% literatur primer, seperti jurnal ilmiah, dan maksimum 20% literatur sekunder, seperti makalah ilmiah/prosiding, laporan penelitian, skripsi/tesis/disertasi, buku dan blog/web ilmiah internet.
    3. Penulisan Tabel dan Gambar
  • Judul Tabel (Times New Roman, 11, Bold). Isi tabel ditulis dengan font Times New Roman 11, spasi 1. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan huruf besar pada setiap kata, kecuali kata sambung dan kata depan, serta ditulis di tengah (center). Tabel ditulis secara berkelanjutan, misalnya Tabel 1, Tabel 2, Tabel 3, dst. Tabel harus diikuti dengan sumber tabel, jika dikutip dari sumber

Contoh 1: Penyajian Tabel

Tabel 1

Contoh Tabel Hasil Penelitian

Indikator

Frekuensi

%

Berperan

22 orang

61 %

Tidak berperan

14 orang

39 %

Total

36 orang

100 %

 

  • Judul Gambar (termasuk diagram, grafik, bagan, sketsa, prototipe, database) ((Times New Roman, 11, Bold). Judul tersebut ditulis di bawah objek dengan huruf besar pada huruf pertama kata pertama, sementara kata berikutnya ditulis dengan huruf kecil semua, serta ditulis ditengah (center). Objek ditulis secara berkelanjutan, misalnya Gambar 1, Gambar 2, Gambar 3, dan seterusnya. Objek harus diikuti dengan sumber objek, jika dikutip dari sumber lain.  Apabila teks naskah berisi banyak gambar dan objek tersebut menjadi data primer tulisan, penulis harus mengirim file gambar aslinya dalam format JPEG atau PNG.