PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIRS SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM ASUHAN PERSALINAN PADA MAHASISWA TINGKAT II AKBID SARI MULIA BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.35721/jakiyah.v5i1.107Keywords:
Metode, Think Pairs Share, kognitif, persalinanAbstract
Latar Belakang: Asuhan persalinan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa AKBID Sari Mulia Banjarmasin, 30 dari 102 orang mahasiswa tingkat II belum tuntas dalam mencapai batas nilai minimum belajar. Pemahaman mata kuliah asuhan persalinan masih belum dikuasai secara maksimal,salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang efektif. Metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran.
Tujuan: Menganalisis pengaruh metode pembelajaran kooperatif Think Pairs Share terhadap kemampuan kognitif tentang asuhan persalinan pada mahasiswa tingkat II Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.
Metode: Jenis penelitian Pra-Eksperimen dengan desain One group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah 102 mahasiswa. Sampel 16 mahasiswa dengan teknik Simple Random Sampling. Analisis Bivariat menggunakan Paired t-test (p=0,05)
Hasil penelitian: Hasil analisis Paired t-test menunjukkan p=0,00, yang memiliki makna p<0,05 bahwa ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif Think Pairs Share terhadap kemampuan kognitif tentang asuhan persalinan pada mahasiswa tingkat II Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.
Simpulan: Metode pembelajaran kooperatif Think Pairs Share berpengaruh terhadap kemampuan kognitif tentang asuhan persalinan pada mahasiswa tingkat II Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.