EFEKTIVITAS PROMOSI KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL DALAM PERSIAPAN PERSALINAN DI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU COVID-19

Authors

  • Daevi Khairunisa Politeknik Aisyiyah Pontianak
  • Khulul Azmi Politeknik Aisyiyah Pontianak

Keywords:

Health Promotion, Video Media, Childbirth Readiness, Covid-19

Abstract

Latar Belakang:  Adaptasi kebiasaan baru setelah adanya wabah pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap pelayanan kesehatan ibu dan anak. Kesiapan Persalinan merupakan salah satu program safe motherhood The Maternal and Neonatal Health (MNH) yang direkomendasikan oleh WHO harus tetap berjalan walaupun pandemic belum berakhir. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pemberian informasi mengenai persiapan persalinan pada ibu hamil yaitu media video.

Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas promosi kesehatan dengan media video terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil dalam persiapan menghadapi persalinan di masa adaptasi kebiasaan baru Covid-19.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan two group pretest and posttest. Analisis hasil penelitian menggunakan uji non parametric Mann Whitney.

Hasil penelitian: Terdapat perbedaan skor pengetahuan dengan selisih rerata sebelum dan sesudah intervensi menggunakan media video (p = 0,000) dan skor sikap dengan selisih rerata sebelum dan sesudah intervensi menggunakan media video (p = 0,001)

Simpulan: media video lebih efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang persiapan persalinan di masa adaptasi kebiasaan baru Covid-19 dibandingkan media leaflet.

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

Daevi Khairunisa, & Khulul Azmi. (2024). EFEKTIVITAS PROMOSI KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL DALAM PERSIAPAN PERSALINAN DI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU COVID-19. Jakiyah : Jurnal Ilmiah Umum Dan Kesehatan Aisyiyah, 9(1). Retrieved from https://journal.polita.ac.id/index.php/jakiyah/article/view/113