PERBEDAAAN PENGETAHUAN KADER SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DETEKSI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK BALITA
DOI:
https://doi.org/10.35721/jakiyah.v6i2.136Keywords:
Pengetahuan, Kader, Pendidikan, kesehatan, deteksi, pertumbuhan, perkembangan, anak, balitaAbstract
ABSTRAK
Latar Belakang: Pelayanan Deteksi Tumbuh Kembang Balita (DTKB) sangat penting dilakukan secara rutin dan berkelanjutan karena kelainan tumbuh kembang yang dideteksi secara dini akan mendapatkan intervensi yang sesuai sehingga akan meningkatkan keberhasilan intervensi yang diberikan. Hasil pengolahan data PSG balita di Puskesmas Tebas bulan tahun 2019 prevalensi masalah gizi terbesar adalah balita di bawah dua tahun (BADUTA) pendek 405 anak (43,32%), balita dengan gizi kurang 592 anak (21,9%) dan balita sangat kurus 186 anak (6,89%).
Tujuan: Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis perbedaan pengetahuan kader sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang deteksi pertumbuhan dan perkembangan anak balita di wilayah Puskesmas Tebas tahun 2020.
Metode: Pada penelitian ini menggunakan rancangan one group pretest-posttest., dengan jumlah sampel 30 responden di wilayah kerja puskesmas Tebas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner.
Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan median pengetahuan kader saat pre-test adalah 60 dengan nilai skor tertinggi 70 dan skor terendah 30. Pada saat post-test median pengetahuan kader meningkat menjadi 80 dengan skor tertinggi 90 dan terendah 60. Hal tersebut dapat diasumsikan bahwa informasi yang diberikan tersampaikan dengan baik kepada responden, sehingga terjadi peningkatan skor dan median pengetahuan responden pada saat post-test. Berdasarkan hasil analistik statistik dengan wilcoxon terdapat perbedaan pengetahuan yang bermakna sebelum dan sesudah diberikan media powerpoint yaitu p 0,000<0.005.
Simpulan: Terdapat perbedaan pengetahuan kader sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang deteksi pertumbuhan dan perkembangan anak balita dengan nilai p=0,000