ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RAWAT JALAN PUSKESMAS WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG
Abstract
Latar Belakang: Pelayananan Kesehatan adalah suatu bentuk usaha pelayanan yang bertujuan untuk memajukan kesehatan masyarakat dan mencegah agar terbebas dari suatu penyakit. Perbedaan pelayanan kesehatan yang berlaku pada masyarakat mempunyai dampak terhadap tingkat kesehatan diri masyarakat maupun pada pemberian pelayanan masyarakat. Masih banyak terdapat pelayanan kesehatan yang belum maksimal di Puskesmas.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di rawat jalan Puskesmas Watukumpul Kabupaten Pemalang.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan secara prospektif dengan menggunakan pengukuran data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data pendukung. Data kuantitatif manggunakan kuesioner SERVQUAL dan data pendukung dengan observasi dan wawancara. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik sampling nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Teknis analisis data yang peneliti gunakan adalah uji validitas kuesioner, uji reliabilitas, analisis deskriptif, dan importance performance analysis.
Hasil penelitian: Nilai rata-rata kenyataan dan harapan pasien menurut analisis tingkat kesesuaian sebesar 85,17%-91,03%. Dari nilai analisis tingkat kesesuaian tersebut dapat dikelompokkan menjadi empat kuadran berdasarkan prioritas perbaikan dengan menggunakan diagram IPA (Importance Performance Analysis). Untuk melihat kualitas pelayanan kesehatan dapat diketahui melalui hasil penelitian berdasarkan dimensi servqual dan faktor sosiodemografi.
Simpulan: Kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan di Puskesmas Watukumpul Kabupaten Pemalang sudah baik.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, SERVQUAL.