READING AND WRITING LEARNING GUIDANCE FOR CHILDREN WITH THE ANAK HEBAT (AHE) METHOD AT ANAK HEBAT LEARNING CENTER, BENGKULU CITY

Authors

  • Fadillah Ulfa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rezki Amelia Sekolah Tinggi Agama Islam Imam Bonjol Padang Panjang
  • Gusmirawati Gusmirawati Sekolah Tinggi Agama Islam Imam Bonjol Padang Panjang

DOI:

https://doi.org/10.35721/jitpemas.v4i2.250

Keywords:

Baca tulis, Literasi, Metode Anak Hebat, Pengabdian masyarakat

Abstract

This community service aims to improve basic literacy skills in early childhood children at the Anak Hebat Learning Center Unit 8169 through the implementation of the Anak Hebat (AHE) method. This program is designed to help children aged 4.5 to 8 years master reading and writing skills effectively with an interactive and enjoyable approach. The method used is Asset-Based Community Development (ABCD), which consists of several main steps: asset identification, parent involvement, program implementation, method development and evaluation, as well as program evaluation.. The AHE method combines various activities such as brain gymnastics, tiered module-based learning, writing practice, and educational games. Evaluations were conducted to measure the reading and writing abilities of participants before and after the implementation of the community service, using achievement cards. The results showed an improvement in children's literacy skills, especially in mastering basic letters and words. This community service has a positive impact on improving basic literacy, by empowering parents and teachers to play an active role in the learning process.

References

Chasanah FU, Ibrahim M, Hidayat MT, Rahayu DW. Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Media Buku Cerita di Sekolah Dasar. J Basicedu. 28 Agustus 2021;5(5):3644–50.

Dewi SUS. Pengaruh metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelas awal sekolah dasar. Model J Program Studi PGMI. 2015;2(1):1–13.

Parapat IK, Mardianto M, Nasution MIP. Mengoptimalkan Pengenalan Literasi Pada Anak Sejak Usia Dini: Menumbuhkan Keterampilan Membaca dan Menulis. J Raudhah [Internet]. 2023 [dikutip 5 Oktober 2024];11(1). Tersedia pada: https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/2818.

Arzaq MY, Kholifah N, Ihsan K, Huda K. Inovasi Pembelajaran SD/MI Berbasis Kurikulum Merdeka di Era Digital. Penerbit NEM; 2024. 180 hlm.

Fatonah N. Peran Orangtua Dalam Literasi Anak. Cahaya Smart Nusantara; 2022. 51 hlm.

Amalafitra N, Muawanah S, Sasomo B. Metode Belajar Membaca tanpa Mengeja untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini pada Bimbingan Belajar Anak Hebat (Ahe) Dimasa Pandemi. J Anak Bangsa. 2022;1(1):33–43.

Fidiyaningrum A, Handayani A, Rakhmawati D. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca dengan Metode Anak Hebat (AHE). J Inov Pembelajaran Sekol. 2024;5(1):001–10.

Listianah L. Strategi Meningkatkan Pengenalan Membaca Anak Usia Dini (Aud) Dengan Metode Anak Hebat (AHE). Atthiflah J Early Child Islam Educ. 2024;11(1):195–206.

Maisyarah M, Rastiti MS. Tantangan dan Potensi dalam Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini di AHE. ABATATSA. 2024;1(02):55–65.

N DF, Nasrul F. Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Dengan Menggunakan Metode Ahe Dan Implikasinya Terhadap Layanan Penguasaan Konten. Ed-Humanist J Ilmu Pendidik. 30 April 2020;5(1):638–44.

Bilbi S, Aulina M. Penerapan Metode Belajar Sambil Bermain Dalam Mengembangkan Minat Belajar Anak-Anak Gang Perwira Medan. ABDISOSHUM J Pengabdi Masy Bid Sos Dan Hum. 2022;1(2):183–9.

Ishak AP, Afifah RN, Kamelia SQ. Strategi Belajar Sambil Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Terhadap Anak pada Masa Pandemi di Desa Leuwigoong. Proc UIN Sunan Gunung Djati Bdg. 2021;1(87):137–45.

Jannah A, Zuhroh F. Penggunaan media Flashcard Untuk meningkatkan Kemampuan membaca di Bimbel Ahe Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan Tahun Pelajaran 2021/2022. TADZKIRAH J Pendidik Dasar. 2022;4(1):56–71.

Nadya NN, Harfiani R. Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung pada Anak Usia 5-8 Tahun dengan Menggunakan Strategi Belajar Seraya Bermain. Murhum J Pendidik Anak Usia Dini. 2023;4(2):853–64.

Panjaitan NA, Suriadi A. Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dengan Metode Belajar Sambil Bermain. Literasi J Pengabdi Masy Dan Inov. 2023;3(1):126–30.

Fadil AW, Purbanjito AT, Chaironi AA, Saputra D, Fauziah HN, Hermawan IN, dkk. Pemberdayaan Masyarakat Desa Cijati Melalui Metode ABCD Guna Membantu Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Cijati Kecamatan Cimanggu. Kampelmas. 2023;2(1):141–7.

Ittaqullah MZ, Zatalini JS, Kurniati A, Gustiarini RR, Azizah RN, Hasanah U, dkk. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembuatan Dodol Pepaya Menggunakan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Sebagai Upaya Mengembangkan Produk Umkm Di Desa Kajoran Kebumen. Kampelmas. 2023;2(2):1485–94.

Setyawan WH, Rahayu B, Muafiqie H, Ratnaningtyas M, Nurhidayah R. Asset Based Community Development (ABCD). Angew Chem Int Ed. 2022;6(11):951–2.

Sidik A, Fadhil F, Romadon LDNA, Ramadhan MV, Sulistio SWA, Putri MD, dkk. Pendampingan Dan Sosialisasi Kepada UMKM Dengan Metode ABCD Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Kampelmas. 2023;2(1):129–39.

Agustria S, Meilantika D, Agustina DS. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS WEB PADA BIMBINGAN BELAJAR AHE LUBUK BATANG. JTIM J Tek Inform Mahakarya. 2023;6(2):45–54.

WULANDARI D. Implementasi Kegiatan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahundi Lembaga Bimbingan Belajar Primacendekia Yayasan Silaturrahim Pecinta Anak (Spa) Indonesia Gejayan Sleman Yogyakarta [Internet] [PhD Thesis]. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA; 2019 [dikutip 8 Oktober 2024]. Tersedia pada: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36105.

Yuniarni D. Implementasi Metode AHE pada Kemampuan Membaca Anak Usia MI/SD di Lembaga Les AHE Pasarbatang Brebes [Internet] [B.S. thesis]. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatulah Jakarta; 2021 [dikutip 8 Oktober 2024]. Tersedia pada: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64035.

Ismail MI, Vita P. Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik dan Prosedur. 2020 [dikutip 11 Oktober 2024]; Tersedia pada: https://opac.ar-raniry.ac.id/index.php?p=show_detail&id=40104&keywords=

Mahayyun SI. Peran Bimbingan Belajar AHE Tawangrejo dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Rendah. J Elem Educ Res. 2022;1(2):82–98.

SARI E. Pengaruh Kesiapan Belajar Dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaranekonomi Siswa Kelas X Ips Smanegeri 1 Batang Angkola. J Tarombo. 2023;4(1 Februari):14–9.

Bastian ABFM, Nurhidayah WA, Syaputra YD. Memberikan Reward sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. Al-Shifa J Bimbing Konseling Islam. 2022;3(1):40–58.

Hartati M. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII SMPN 31 Bengkulu Tengah. GUAU J Pendidik Profesi Guru Agama Islam. 2022;2(8):277–84.

Nugrahanti I, Nurfadhillah S, Nuraeni Y. Analisis Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II di Sekolah Dasar Negeri Sukabumi Selatan 01 Kebon Jeruk. J Pendidik Dan Konseling JPDK [Internet]. 2022 [dikutip 11 Oktober 2024];4(5). Tersedia pada: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6897.

Suharni S. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns J Bimbing Dan Konseling. 2021;6(1):172–84.

Tabroni I, Qutbiyah SM. Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi COVID-19 Di SMP Plus Al-Hidayah Purwakarta. J Pendidik Dasar Dan Sos Hum. 2022;1(3):353–60.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Ulfa, F., Kustati, M., Amelia, R., & Gusmirawati, G. (2024). READING AND WRITING LEARNING GUIDANCE FOR CHILDREN WITH THE ANAK HEBAT (AHE) METHOD AT ANAK HEBAT LEARNING CENTER, BENGKULU CITY. Jurnal Inovasi Dan Terapan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 118–132. https://doi.org/10.35721/jitpemas.v4i2.250

Issue

Section

Articles