PERAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WORDWALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Abstract
IPA merupakan mata pelajaran yang bersifat konseptual tentunya memerlukan pengetahuan mendalam pada ranah ilmiah. Hal tersebut sering kali membuat peserta didik mengalami kendala dalam menghubungkan teori dan juga praktik, terutama jika penyampaian materinya membosankan. Akibatnya, motivasi belajar peserta didik menurun, yang berdampak pada ketercapaian belajar yang kurang baik. artikel ini memiliki tujuan guna menganalisis teori yang berhubungan dengan sumber serta media ajar yang sesuai terhadap keadaan peserta didik di SD, khususnya melalui penggunaan Wordwall pada kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif yang mencakup literatur review. Hasil penelitian menunjukan penerapan aplikasi Wordwall cukup efektif untuk digunakan pada pembelajaran yang interaktif terutama pelajaran IPA di SD. penerapan Wordwall ini tentunya akan mendorong motivasi belajar peserta didik, membuat lingkungan kelas yang menyenangkan, maupun terciptanya suasana belajar yang menarik. Selain itu penngunaan Wordwall dapat membuat pendidik bisa melakukan aktivitas pembelajaran yang lebih interaktif.