Main Article Content

Elsa Noftalina

Abstract

Latar Belakang: Saat ini Indonesia bahkan dunia sedang mengalami pandemi suatu virus yaitu Coronavirus Diseases 2019 (COVID19), segala kegiatan didalam dan diluar ruangan di semua sektor sementara waktu ditunda demi mengurangi penyebaran corona terutama pada bidang pendidikan. Metode pembelajaran tatap muka diganti dengan virtual atau menggunakan video tutorial. Tujuan Penelitian: Mengetahui perbedaan efektivitas metode video tutorial dengan demonstrasi pada pembelajaran mata kuliah kegawatdaruratan maternal neonatal dalam melakukan pertolongan persalinan sungsang di masa pandemi Covid 19 di kampus Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak Tahun 2020. Rancangan Penelitian: Penelitian ini menggunakan true eksperimen dengan pendekatan post test. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa tingkat 2 semester IV yaitu sebanyak 60 mahasiswa dengan pembagian 30 mahasiswa yang mendapat perlakuan (metode video tutorial) dan 30 mahasiswa sebagai kontrol (metode demonstrasi). Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakaan total sampling. Analisis data dengan uji T independent kemaknaan P-value (0,05). Hasil analisis : Terdapat perbedaan hasil belajar (nilai/post test) yang signifikan antara metode video tutorial dengan metode demonstrasi pada pembelajaran mata kuliah kegawatdaruratan maternal neonatal dalam melakukan pertolongan persalinan sungsang. Nilai rata-rata post test responden dengan metode demonstrasi sebesar 84,45 dan nilai rata-rata post test responden dengan metode video tutorial sebesar 51,09.Kesimpulan: Terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara metode video tutorial dengan metode demonstrasi pada pembelajaran asuhan kegawatdaruratan maternal neonatal pada pertolongan persalinan sungsang di masa pandemi covid 19.

Article Details

How to Cite
Noftalina , E. (2020). Efektivitas Metode Video Tutorial Dengan Demonstrasi Pembelajaran Mata Kuliah Kegawatdaruratan Maternal Neonatal Dalam Melakukan Pertolongan Persalinan Sungsang Di Masa Pandemic Covid 19. Jakiyah: Jurnal Ilmiah Umum Dan Kesehatan Aisyiyah, 5(2), 110-114. Retrieved from https://journal.polita.ac.id/index.php/jakiyah/article/view/47
References
1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2020. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) Revisi ke 4.
2. Dewi, W.A.F., 2020. DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR 2, 7.
3. Djamarah, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.
4. Elmeida, I.F., Fitrian, F., 2018. Perbedaan Hasil Belajar Psikomotorik Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Metode Audiovisual Pada Pembelajaran Mata Kuliah Kegawatdaruratan Maternal Dan Neonatal. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 14, 5.
5. Fatchurrohmah, A.E., 2017. Pengaruh Problem Based Learning Melalui Demonstrasi Dan Diskusi Terhadap Kemampuan Verbal. Journal of Primary Education 6, 140–146.
6. Sanjaya, W., 2011. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Kencana, Jakarta.
7. Hendarti, E.S., 2016. Implementasi Proses Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Asuhan Persalinan Normal. Jurnal Ilmiah Kesehatan Politeknik Kesehatan Majapahit Mojokerto 8, 43–58.
8. Aryani, A., Antia, 2015. Pengembangan Video Pembelajaran dalam Peningkatan Kemampuan Teknik Pemasangan Infus untuk Memenuhi Kompetensi Keterampilan Inti Keperawatan. PROFESI 12.
9. Agustin, Y.D., 2011. Perbedaan Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Video dengan Pantom dalam Meningkatkan Keterampilan Pemasangan Kateter pada Mahasiswa (Prodi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso) (Tesis). Universitas Sebelas Maret., Surakarta.
10. Alice, M.L., n.d. Simulation-Based Clinical Skill Training to Promote Effective Clinical Learning with Simulation Evaluation Rubrics in Nursing Education. International Journal of Information and Education Technology 6, 2016.