PENGARUH KOMPETENSI DOSEN (PEDAGOGIK DAN KEPRIBADIAN) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN NEONATUS, BAYI, BALITA DAN ANAK PRA SEKOLAH DI AKADEMI KEBIDANAN ‘AISYIYAH PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.35721/jakiyah.v3i2.75Keywords:
kompetensi dosen, motivasi belajar, prestasi belajarAbstract
Pendahuluan : Dalam dunia pendidikan prestasi merupakan hal yang sangat penting dan menjadi salah satu
tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan mahasiswa yang telah dicapai
(dikerjakan, dilakukan, dan sebagainya) secara individu maupun kelompok dengan tujuan yang telah ditetapkan
dalam sebuah program pendidikan.
Tujuan penelitian : untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen dan motivasi belajar terhadap prestasi
belajar mahasiswa.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Penelitian
dilakukan pada mahasiswa semester III Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak. Sampel berjumlah 85
mahasiswa. Instrumen pengumpul data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
korelasi, regresi ganda, uji t, dan uji F. Pengolahan data menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian : menunjukkan bahwa Kompetensi dosen dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi
belajar mata kuliah Askeb Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra sekolah pada mahasiswa semester III Akademi
Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak secara simultan dimana p value 0,000 < 0,05.
Kesimpulan : berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kompetensi dosen dan motivasi
belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah Askeb Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra sekolah pada
mahasiswa semester III Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak secara simultan.