PEER GROUP EDUCATION MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG HIV/IDS PADA SISWA

Authors

  • Oon Fatonah Akbarini
  • Henny Fitriany

DOI:

https://doi.org/10.35721/jakiyah.v5i2.115

Keywords:

Peer, group, HIV, AIDS, Pengetahuan

Abstract

Latar Belakang:  Kasus HIV/AIDS pada kelompok remaja dari waktu ke waktu cenderung meningkat, saat ini persentasi kumulatif AIDS tertinggi pada kelompok umur 20-29 tahun, kemudian diikuti kelompok umur 30-39 tahun, 40-49 tahun, 50-59 tahun, dan 15-19 tahun). Usia produktif orang Indonesia melakukan hubungan seks antara 18-50 tahun. Demikian juga halnya mahasiswa, dari struktur usianya rata-rata 20-30 tahun, merupakan masa reproduksi aktif. Tentunya mahasiswa pada usia ini sangat produktif dan mempunyai hasrat untuk melakukan hubungan seks terhadap lawan jenisnya..

Tujuan: Untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat pengetahuan siswa tentang HIV/AIDS di SMK LKIA di Kota Pontianak Propinsi Kalimantan Barat antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan Randomized Control Group Pre-Test, Post Test Design. Metode penelitian ini menguji hipotesis berbentuk hubungan sebab akibat untuk mengukur perubahan yang terjadi setelah dilakukan perlakuan.

Hasil penelitian: Analisis bivariate nilai > 0.05 yang artinya bahwa pengetahuan HIV/AIDS  responden pada kelompok intervensi dan kontrol  dinyatakan sama atau tidak berbeda. Hasil uji pretes dan postest pada kelompok intervensi nilai sig. 0.00 atau <0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan. Dimana mean difference yang ternilai adalah -6.32, yang artinya skor pretest rata-rata lebih rendah 6.32 point dibandingkan nilai postest.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Oon Fatonah, A., & Henny, F. (2020). PEER GROUP EDUCATION MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG HIV/IDS PADA SISWA. Jakiyah : Jurnal Ilmiah Umum Dan Kesehatan Aisyiyah, 5(2). https://doi.org/10.35721/jakiyah.v5i2.115